Jumat, 30 Januari 2009

Apa itu NEN ?

AURA
Nen artinya membakar aura. Sedangkan aura itu artinya energi kehidupan. Semua makhluk hidup mengeluarkan energi ini, yang biasanya keluar secara tidak sadar dalam bentuk panas atau listrik, yang jelas ada gelombangnya. Aura biasanya kerasa, misalkan ada orang lagi diikutin diem2, walaupun orang yang diikutin nggak ngeliat maupun denger, biasanya ngerasa lagi diikutin.

Intinya energi itu keluar dari tubuh begitu saja, tidak terkontrol, yang artinya nggak efektif, karena buang2 energi.

TEN
Cara untuk mempertahankan aura disekitar tubuh disebut ten. Biasanya ten bisa dipelajari dengan meditasi. Untuk kasus gon ama killua, digunakan teknik paksaan yang namanya gehou (mentransfer energi), sehingga energi2 negatif (kotoran) yang menyumbat souko (saluran aura keluar) bisa keluar, kayak pipa yang kotor terus dikasih air yang deres^^.
Ten berguna biasanya berguna untuk mempertahanakan diri dari aura/fisik lawan, menghemat energi, ama biar ga cepet tua^^...

ZETSU
Inget, aura bisa bikin orang yang jadi stalker ketauan... jadi dalam kasus seperti ini, sebaiknya aura tidak dibiarkan keluar dari dalam tubuh sama sekali. Cara untuk menyembunyikan/memendam aura dalam tubuh disebut zetsu. Sperti yang udah dibilang, zetsu berguna untuk menghilangkan keberadaan, juga klo lagi kecapean pake zetsu, supaya hemat energi. Tapi zetsu bikin kita nggak punya pertahanan (inget fungsi ten), dan nggak bisa menggunakan aura (akan dibahas nanti)

REN
Cara untuk mengeluarkan aura sekuat2nya disebut ren. Karena ren mengeluarkan aura dengan deres, maka biasanya bikin capek. Lalu apa gunanya ren? Tenang, dibahas dibawah.

HATSU
Ternyata, aura selain sebagai energi kehidupan, bisa digunakan untuk berbuat sesuatu. Ren mengeluarkan aura dari dalam tubuh, sedangkan cara untuk menggunakan aura itu untuk berbuat sesuatu disebut hatsu. Apa yang bisa orang lakukan dengan hatsu. Jawabannya tergantung dari tipe hatsu (yang biasanya ditentukan oleh kepribadian, garis keturunan, pengalaman hidup, dan lain2)..

dan tipe2 hatsu itu sebagai berikut:

Kyouka
Inti dari kyouka adalah bikin lebih kuat. Apa aja, dari petahanan, kekuatan serangan, kecepatan, ampe penyembuhan fisik. Hanya fisik (stau gw sih cuma fisik). Contoh, gon (dengan jajanken-nya), atau ubogin (yang memperkuat seluruh tubuhnya), atau phinx (dengan “reverse cylotron”-nya)
Ciri kepribadian: lugu, sederhana dan naif

Henka
Semua sifat material itu tergantung ama susunan elektron, gerakan elektron, dan energi di elektron itu. Henka mengubah sifat benda, yang artinya dia merubah elektronnya. Henka bisa mengubah materi dengan (semua) perubahan dari reaksi kimia, dari kepadatan, viscositas, adhesi kohesi, muatan listrik, panas benda, rasa, aroma, dan lain2. misal seseorang bertipe henka mau mebuat benda jadi punya tingkat magnet yang lebih, dia hanya perlu menginterpretasikan (merasakan dan mengingat) magnet, dan secara tdiak sadar dia bakal membuat setiap elektronnya jadi tidak berpasangan^^ (wew... kimia terapan)
Ciri kepribadian: tidak terduga, biasa mnyembunyikan kemauan, dan biasanya jadi pembohong, angin2an.. pokoknya ini orang santai banget jadi orang^^

Houshutsu
Houshutsu berurusan dengan jarak dan dimensi ruang. Houshutsu bisa melepas auranya dari tubuh dengan tetap tidak kehilangan kontrol akan auranya. Semua yang berhubungan dengan jarak houshutsu bisa. Mulai dari teleport, tembakan kamehame, warp, tracer, bikin ruangan dengan berbeda dimensi (kayak novu), dll. Karena technology warp dan teleport (yang sebenarnya (bukan pengiriman partikel)) belum ditemukan, maaf, gw tidak bisa menjelaskan secara fisika...m(_ _)m gomen
Ciri kepribadian:nggak sabaran, blak2an, ngeluarin semua apa yang dirasain.

Gugenka
Massa= energi (misal, klo kita pecah partikel, massanya bakal berkurang, tapi karena teknologi kita baru ampe titik terkecil quark, jadi blm terlalu jelas, yang jelas massa=energi). Bila massa dan energi bisa berputar teratur dan stabil, maka bakal ada materi. Inti dari gugenka itu menciptakan materi. Kayak kurapika (yang menciptakan rantai, bahkan rantai yang punya kekuatan khusus (misal membuat yang dirantai terjatuh dalam status zetsu)), korutopi (yang mampu meng-copy benda), kaito (yang bisa menciptakan senjata yang bisa berubah2), shizuku (yang bisa menciptakan vacum cleaner yang mampu mengurai materi), dll.
Ciri kepribadian: sensitif dan imaginatif (orang kayak gini jadi seniman aja!hehe)

Sousa
Inti dari sousa adalah mengontrol. Orang bertipe sousa bisa mengontrol orang, benda, dll. Kayak dihipnotis. Tapi sousa nggak bisa menggerakan kemauan orang. Misal, veze bikin targetnya jadi budak cintanya, tapi tetep aja target „asli“-nya nggak mau kayak gitu. Contoh orang dihipnotis jadi striper klo denger musik (hahahaha), tapi itu nggak berarti orang tersebut mempunyai kemauan seorang striper.. yang artinya, karena nen=aura dan aura=kemauan maka seorang bertipe sousa tidak bisa mengendalikan nen targetnya!
Ciri kepribadian: biasa beralasan logis, persuasif, biasanya suka ngomong atau pidato..suapaya orang menuruti maunya

Tokush1tsu (ini gara2 nggak bisa ngomong kasar jadi harus pake 1 bukan i)
Tokush1tsu adalah tipe hatsu yang spesial. Semua yang tipe lain nggak bisa, dia bisa. Karena orangnya biasa individualis (lihat ciri kepribadian), jadi dia harus bisa semua bidang, yang akhirnya dia bisa semua tekhnik tipe diatas (dengan effisiensi 100%). Hal2 spesial bisa dilakukan, biasanya berhubungan dengan kehidupan, kematian, aura (nen), waktu, takdir dan nasib, pikiran, dan lain2. misal, kuroro bisa ngambil nen orang, neon bisa ngeramal, kurapika bisa menggunakan tipe sousa dan houshutsu (padahal fungsi aslinya gugenka)...
Ciri kepribadian: individualis, rumit, dan beberapa kasus karena dia spesial (keturunan raja, ksatria, atau hanya karena kembar)


user posted image


Ini diatas adalah bagan hatsu. Makin jauh hatsu yang mau dipelajarinya, makin susah (susah dipelajari dan diingat rasanya, karena kepribadiannya nggak match dengan cara pikir yang diperlukan) dan makin tidak effisien. Contoh ada orang bertipe kyouka punya mau mempelajari skil lain. Maka efisiensi dia menggunakan skil henka dan housuhtsu adalah 80% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/80)-100=) 25% energi ekstra) sedangkan untuk skill sousa dan gugenka efisiensinya 60% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/60)-100=) 66,7% energi ekstra). Sedangkan skill tokush1tsu 0% (karena spesial).

Atau orang berhatsu gugenka mau mempelajari skill yang lain. Maka effisiensi untuk henka=80%, sousa dan kyouka=60% dan houshutsu=40%. Tokush1tsu tetep 0%

Terus, kenapa tokush1tsu ada disitu? Rugi donk orang yang punya hatsu gugenka dan sousa?! Hatsu orang bisa berubah dari pas dia lahir. Misal orang berhatsu asal gugenka, tapi keadaan situasi lingkungan kurang normal, dan dia memutuskan untuk nggak peduli (daripada pusing2), klo ditanya jawab sekenanya aja, atau bahkan boong.. maka hatsunya bisa berubah jadi henka. Berubah jadi kyouka atau bahkan houshutsu juga bisa, tapi kemungkinannya kecil. Orang yang paling besar kemungkinannya untuk jadi tokush1tsu adalah orang bertipe gugenka dan sousa... begitu..


Ahhh,,, capek!!! Mudah2an berguna dh dengan omong panjang ini.. klo mau tanya, tanya aja, gw dengan senang hati jawab...^^
:)

Edit...

Karena masih ada yang blm gw kasih tau.. yaitu tentang kombinasi dari teknik2 dasar...

GYO
Gyo adalah cara untuk memusatkan aura.. sehingga aura pada bagian tertentu lebih banyak/besar tingkat energinya dibanding bagian tubuh yang lain.. biasanya gyo dipusatkan ke mata.. jadinya mata bisa ngeliat aura... tanpa gyo sebetulnya juga bisa (kayak pas pertama kali killua dan gon dibuka shouko-nya, dia bisa ngeliat auranya keluar).. tapi kurang jelas... pokoknya.. makin banyak aura yang keluar dari mata, makin jelas bisa ngeliat aura... gyo juga teknik penting untuk berantem.. nanti dijelasin..

KEN
Ken adalah teknik gabungan ren dan ten.. seperti ren, aura dikeluarkan.. tapi lebih kuat lagi, sehingga bisa berfungsi melindungi diri... (klo susah bayanginnya, bayangin aja aura sebagai air...)... jadi, klo pake ken, bakal lebih capek dari ren..

SHU
Shu adalah teknik untuk menganggap suatu benda sebagai bagian tubuh si pengguna.. jadi di benda itu juga akan dialiri aura...

EN
En adalah teknik untuk memperluas jangkauan ten.. biasanya ten cuma beberapa cm aja dari permukaan tubuh.. paling banyak juga 10 cm... dengan En bisa diperluas sejauh yang diperlukan (tergantung kemampuan masing)... kepekatan auranya juga tergantung si pemakai.. tapi yang jelas lebih nggak pekat dibanding ten... En biasanya tidak digunakan sebagai pelindung (karena kurang pekat), tapi lebih memanfaatkan jangkauannya untuk mendeteksi segala benda yang ada di jangkauannya..

IN
IN, gabungan dari ren dan zetsu.. maksudnya, aura dikeluarkan,, tapi nggak dibiarin bocor/menguap.. misal, kurapika saat kurapika menggunakan in (pas lawan ubogin), dia ngeluarin sejumlah aura (yang kira2 bentuknya panjang) untuk membuat rantai... tapi aura yang panjang itu sama sekali nggak bocor.. karena aura bisa menunjukan keberadaan.. klo auranya kerasa, ubogin bakal tau bahwa dia lagi ditempelin aura..
Sama kayak pas hisoka menggunakan bungee gum, dia ngeluarin aura, dan nempelin di pipi gon, tapi gon sama sekali nggak nyadar..

KOU
Kou, gabungan dari semuanya..ten, ren, zetsu, hatsu, dan gyo... maksudnya, mengeluarkan aura dengan maksimal (kayak ken) pada bagian tubuh tertentu sedangkan bagian tubuh lain nggak dikasih aura (zetsu).. jadinya di tempat yang keluar aura, aura bisa keluar dengan maksimal..
Ini jelas sangat kuat... buat serangan bisa kuat banget (kayak „jan ken gu“-nya gon)buat perlindungan amat canggih.. masalahnya bagian lain sama sekali nggak terlindungi oleh aura.. jadi harus liat sikon.. klo nggak jelas, musuh mo nyerang bagian mana, mendingan pake gyo aja, jangan kou..



Tambah lagi ya^^:

dalam dunia nen dikenal teknik meperkuat yang cukup nggak main2, yaitu dengan cara memberikan batasan, syarat dan resiko, atau apapun itu..

misal:
-kurapika yang membatasi chain jailnya agar cuma bisa dipake untuk menangkap ryodan,, klo nggak dia kehilangan nyawanya
-kaito yang bikin syarat: apapun senjata yang keluar walaupun nggak suka, harus tetep dipake
- franklin yang motong jari2nya supaya keliatannya lebih keren
- gon, yang harus ngomong jajankennya...
- veze yang harus mencium targetnya dulu...

dan sebagainya

0 komentar:

Poskan Komentar

heyzap.com - embed games
Template by : Kendhin x-template.blogspot.com